Tips Mencegah Terjadinya Osteopenia

Osteopenia adalah transisi tulang yang sehat ke osteoporosis. Orang yang didiagnosis dengan kondisi ini tidak memiliki gejala. Hanya saja tingkat kepadatan tulang akan menurun dan risiko patah tulang bahkan bisa lebih tinggi. Jadi, dapatkah Anda mencegah osteopenia? Lihatlah saran-saran berikut.

Tips Mencegah Terjadinya Osteopenia

Tulang adalah bagian terkuat dari tubuh Anda. Namun, seiring bertambahnya usia, tulang juga akan melemah karena kepadatan berkurang.

Menurut halaman Harvard Medical School, pengurangan kepadatan tulang di bawah normal disebut osteopenia.

Pengurangan kepadatan tulang karena penuaan tidak dapat dicegah. Namun, ini tidak berarti bahwa Anda tidak dapat mencegah osteopenia. Kondisi ini dapat dicegah dengan mengubah gaya hidup sehat, seperti:

1. Tingkatkan asupan tulang yang sehat
Semua organ dalam tubuh Anda membutuhkan makanan, termasuk tulang. Namun, nutrisi utama yang dibutuhkan adalah kalsium dan vitamin D. Keduanya tidak diproduksi secara alami oleh tubuh. Karena itu, perlu memuaskan asupan makanan dan minuman sehari-hari.

Vitamin D membantu tubuh menyerap kalsium maksimal. Keduanya bekerja sama untuk mendorong pertumbuhan sel tulang baru sehingga kepadatannya selalu terjaga. Anda bisa mendapatkan keduanya dari susu, telur, ikan, jamur, dan produk susu, seperti keju.

2. Jangan malas berolahraga
Olahraga membuat tubuh Anda sehat secara umum, terutama di tulang, otot, dan persendian. Itu sebabnya, aktivitas fisik ini bisa menjadi cara termudah untuk mencegah osteopenia.

Olahraga memungkinkan tubuh Anda bergerak lebih aktif untuk membakar lebih banyak lemak tubuh. Membakar lemak dalam tubuh membuat berat badan lebih terkontrol.

Tulang dan berat badan memiliki hubungan yang erat. Alasannya adalah tulang menjadi tempat untuk membawa berat badan. Jika berat badan berlebihan, tulang akan menerima banyak tekanan. Selain itu, latihan fisik juga melatih keseimbangan tubuh, sehingga mengurangi risiko jatuh.

3. Hentikan kebiasaan buruk
Langkah-langkah untuk mencegah osteopenia tidak hanya melalui olahraga atau mempertahankan diet. Anda juga harus meninggalkan kebiasaan buruk, seperti merokok dan minum alkohol.

Rokok dapat menyebabkan peradangan pada tubuh, termasuk tulang. Minum alkohol berlebihan dapat mengganggu tubuh dalam penyerapan kalsium. Jika Anda merasa sulit untuk berubah dari kebiasaan ini, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter.

4. Lakukan aktivitas dengan hati-hati
Pencegahan osteopenia dapat dilakukan dengan hati-hati dalam menjalankan aktivitas. Ada aktivitas yang bisa membuat tulang Anda dalam tekanan atau masalah besar, seperti membawa barang-barang berat atau tergelincir saat berjalan.

Saat membawa benda berat, akan lebih baik untuk tidak meletakkannya di pundak Anda atau membawanya. Lebih baik menggunakan alat bantu seperti gerobak atau meminta orang lain untuk membantu Anda mengangkatnya agar lebih ringan.

Pastikan lantai kering, terutama di sekitar dapur, kamar mandi atau di dekat halaman. Jangan berlari dan perhatikan langkahmu saat kamu naik atau turun tangga sehingga kamu tidak terpeleset.

5. Periksa tulang Anda untuk kesehatan
Langkah terakhir yang dapat Anda ambil untuk mencegah osteopenia adalah memeriksa kesehatan tulang dokter secara teratur. Jika Anda berusia di atas 30 atau tidak melebihi menopause, lakukan ini untuk mengetahui tingkat kepadatan tulang.

Tidak seperti pemeriksaan kesehatan lainnya, tes kepadatan tulang tidak dilakukan di sekitarnya. Tes kepadatan tulang dapat direkomendasikan untuk 2 atau 5 tahun.

Baca Juga :