Manfaat dan Risiko Air Soda untuk Kesehatan

Air berkarbonasi, juga dikenal sebagai air soda, “disuntikkan” dengan karbon dioksida. Ini menyebabkan gelembung terbentuk di air. Gelembung ini sering terlihat dalam minuman bersoda. Jika gelembung itu dalam minuman non-alkohol, itu menciptakan perasaan yang berbeda ketika Anda meminumnya. Anda dapat mengasumsikan bahwa gelembung dalam air berkarbonasi tidak mempengaruhi tubuh. Namun, Anda mungkin memiliki asumsi yang salah. Ingin tahu apa yang dimiliki air berkarbonasi di tubuh Anda? Dengarkan ini.

Apa efek air berkarbonasi terhadap tubuh?

Menyuntikkan karbon dioksida ke dalam air tampaknya memiliki efek baik dan buruk pada tubuh.

Manfaat air soda untuk sistem pencernaan

Saat lidah Anda meraih air soda, Anda mungkin sudah merasakannya. Bagi sebagian orang, perasaan ini bisa menyenangkan. Soda yang lemah dalam air dapat menstimulasi reseptor saraf di mulut. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ini dapat meningkatkan kemampuan Anda untuk menelan. Meskipun memiliki pH asam, air aerasi sebenarnya tidak mempengaruhi pH tubuh.

Air soda juga dapat membantu menyembuhkan sembelit. Beberapa orang mungkin mengalami pencernaan yang lebih lancar setelah minum air berkarbonasi. Ini juga telah dibuktikan oleh banyak penelitian.

Meskipun air soda asam juga dapat membantu Anda meringankan mulas karena asam lambung tinggi tanpa masalah pencernaan fungsional. Ini karena air aerasi dapat meningkatkan fungsi lambung.

Namun, harus diingat bahwa itu hanya efektif ketika mengkonsumsi air berkarbonasi tanpa menambahkan kalori dari gula. Sayangnya, air berkarbonasi yang umum adalah dalam bentuk minuman ringan, yang ditambahkan ke berbagai rasa dan tinggi gula. Atau, minuman ringan ini dapat menyebabkan penambahan berat badan.

Risiko air berkarbonasi untuk kesehatan gigi

Efek lain dari air berkarbonasi adalah pada gigi. Air berkarbonasi sering dikaitkan dengan kerusakan gigi. Ini karena pH asam dapat merusak enamel pada gigi. Tetapi ini tidak selalu benar.

Air berkarbonasi ditambahkan dengan gula, seperti minuman berkarbonasi, sudah dapat menyebabkan kerusakan gigi menurut beberapa penelitian. Namun, air berkarbonasi yang tidak mengandung gula tambahan sebenarnya tidak terbukti berbahaya bagi gigi.

Asam dan gula yang ditemukan dalam minuman ringan tampaknya memainkan peran penting dalam proses pembusukan gigi. Kombinasi keduanya dapat menyebabkan erosi email gigi. Karena itu, jika Anda ingin menjaga kesehatan gigi, pilihlah air berkarbonasi yang bebas gula.

Efek pada kesehatan tulang

Selama waktu ini, Anda sering dapat mendengar bahwa air berkarbonasi dapat menyebabkan keropos tulang. Namun, itu ternyata hanya mitos belaka. Air berkarbonasi tidak berpengaruh pada kesehatan tulang.

Apa yang sebenarnya mempengaruhi keropos tulang adalah usus besar. Cola berbeda dari air berkarbonasi. Minuman cola mengandung fosfor yang tinggi dan orang yang mengonsumsi minuman cola sering mengalami kekurangan kalsium, terutama wanita. Karena itu, usus besar dapat menyebabkan keropos tulang.

Karena itu, Anda tetap harus minum susu atau sumber kalsium lainnya, walaupun Anda sering mengonsumsi minuman bersoda atau minuman cola. Sebagai ganti susu, jangan gunakan minuman bersoda. Tetapi kenyataannya adalah bahwa wanita muda yang mengonsumsi minuman ringan sering menjadikan minuman ini sebagai pengganti susu sehingga kalsium untuk kesehatan tulang tidak dikonsumsi dengan benar, menurut sebuah penelitian di Nutrition Research.

Baca Juga :