Cara menjaga kesehatan jantung penderita diabetes

Anda mungkin sudah tahu bahwa penderita diabetes memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit jantung. Karena itu, untuk mencegah terjadinya komplikasi diabetes, pastikan penderita diabetes membuat cara untuk menjaga kesehatan jantung dengan cara berikut.

Berbagai cara menjaga kesehatan jantung penderita diabetes

1. Makan buah dan sayuran rendah karbohidrat
kesehatan gigi dan mulut
Sayuran seperti sayuran hijau, tomat dan brokoli memiliki sedikit kalori dan karbohidrat. Mereka juga kaya akan serat, vitamin dan mineral. Juga, cobalah memilih sayuran rendah karbohidrat. Sayuran rendah karbohidrat mengandung phytochemical atau phytochemical. Zat kimia ini ditemukan secara alami pada tanaman.

Mereka dianggap membantu melindungi pembuluh darah dari penumpukan plak yang terlihat pada penyakit jantung. Sementara buah rendah karbohidrat untuk penderita diabetes dapat diperoleh dari kiwi, alpukat atau stroberi. Mengonsumsi makanan seperti buah dan sayuran setiap hari identik dengan cara menjaga kesehatan jantung dan tubuh secara keseluruhan.

2. Makan ikan setidaknya dua kali seminggu
masak salmon
Ikan dan kerang adalah sumber asam lemak omega-3 yang baik, sejenis lemak yang membantu mencegah penyumbatan arteri yang terlihat pada penyakit jantung. Ikan dengan omega-3 tinggi termasuk salmon, trout, herring, tuna albacore, mackerel, halibut dan sarden.

Ada banyak cara untuk menambahkan ikan ke dalam rencana makanan Anda. Cobalah mengganti steak atau burger Anda dengan makanan laut dari waktu ke waktu sebagai cara untuk menjaga kesehatan jantung penderita diabetes.

3. Konsumsi gandum utuh
sumber makanan utuh untuk sarapan
Biji-bijian utuh atau biji-bijian utuh mengandung semua nutrisi seperti serat, vitamin dan mineral. Faktanya, serat dalam biji-bijian utuh terkait dengan kadar kolesterol rendah yang meningkatkan kesehatan jantung. Cobalah makan roti gandum dan gandum untuk sarapan agar jantung tetap sehat

4. Konsumsi lemak sehat

Dalam hal kesehatan jantung, jenis lemak yang Anda masak dapat membuat perbedaan besar. Kurangi konsumsi makanan berlemak tidak sehat (lemak trans dan lemak jenuh) dan pilih jenis lemak yang membantu mengurangi kadar kolesterol (lemak tak jenuh).

Sebagai cara untuk menjaga kesehatan jantung, Anda bisa makan makanan yang memiliki lemak sehat seperti kacang-kacangan, biji-bijian, alpukat, ikan dengan omega-3 dan minyak nabati tinggi.

5. Kurangi minuman botol, soda, atau permen
minuman energi selama kehamilan
Penderita diabetes dapat membuat cara untuk menjaga kesehatan jantung dengan mengonsumsi minuman sehat. Minuman dengan pemanis tambahan seperti minuman berenergi olahraga, jus lemon dan buah umumnya mengandung kalori kosong yang buruk bagi kesehatan Anda. Selain itu, minuman ini dapat berdampak pada kenaikan berat badan, pada risiko tinggi diabetes dan masalah kesehatan lainnya.

Dianjurkan untuk mengonsumsi air mineral yang cukup untuk menjaga kesehatan jantung dan tubuh. Namun terkadang tidak semua orang suka mengkonsumsi air alami. Karena itu, cobalah kiat ini untuk mengakali minuman sehat ini:

Tambahkan sedikit rasa ke air mineral Anda dengan jus jeruk nipis atau jus lemon
Cukup isi teko dengan air mineral dan tambahkan irisan buah, bumbu atau kombinasi keduanya. Bersantai di lemari es selama beberapa jam dan bersenang-senang!
Semua hal di atas penting untuk diet kesehatan jantung. Ingat, jika Anda baru mencoba makanan sehat, Anda tidak harus mengubahnya sekaligus. Perlahan ubah diet Anda dan mulailah mengonsumsi makanan sehat untuk jantung.

Baca juga :