Manfaat Olahraga Pagi Untuk Kesehatan Tubuh

clm.co.id – Hari ini, secara umum diterima bahwa olahraga adalah masalah penting, meskipun banyak orang telah mengakui dan bahkan merasakan manfaat sebenarnya dari olahraga pagi hari. Namun, faktanya tetap bahwa masih ada orang yang malas di pagi hari untuk berolahraga, meskipun manfaat dari olahraga pagi sangat penting.

Latihan Pagi Mungkin gagasan bahwa olahraga itu penting harus didasarkan pada pemahaman yang lebih baik tentang manfaat olahraga. Banyak dari kita berpikir bahwa olahraga itu sehat karena dapat membakar kalori dan menyehatkan jantung. Meski lebih dari itu, masih banyak manfaat yang belum kita ketahui. Banyak penelitian telah dilakukan oleh para ahli untuk menemukan manfaat olahraga pagi.

Bagi Anda yang tidak terbiasa dengan olahraga pagi atau tidak berolahraga, mengetahui manfaat

Berikut ini dapat lebih meningkatkan kesediaan Anda untuk memulai pelatihan di pagi hari: berikut adalah 15 manfaat pelatihan pagi dari berbagai sumber.

1. Olahraga pagi dapat meningkatkan kecerdasan otak

Keuntungan utama olahraga pagi adalah kemampuan untuk meningkatkan tingkat kecerdasan otak. Penelitian di Universitas Nihon Fukushi di Handa, Jepang, menunjukkan bahwa olahraga pagi dapat memengaruhi kecerdasan otak kita. Mereka telah menunjukkan bahwa orang yang berlatih secara teratur di pagi hari memiliki kecerdasan yang tinggi.

Penelitian ini dilakukan selama 4 bulan. Mereka memeriksa 7 orang muda dan sehat, dan kemudian 7 orang diminta berjalan selama 30 menit, yang dilakukan tiga kali seminggu. Latihan ini dilakukan hingga minggu kedua belas atau sekitar 4 bulan. Sebelum melakukan latihan rutin, mereka diminta melakukan tes komputer.

Setelah menjalankan rutinitas, mereka kembali diminta untuk menjalankan serangkaian tes berbasis komputer. Hasilnya adalah peningkatan nilai yang signifikan yang menunjukkan tingkat kognitif 7 orang. Bahkan, penelitian itu juga mengatakan bahwa hasilnya menunjukkan peningkatan kapasitas memori otak. Tidak dapat dipercaya, berolahraga di pagi hari dapat meningkatkan kecerdasan otak kita.

2. Olahraga pagi dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh

Ketika kita berlatih di pagi hari, kita merasakan kehangatan sinar matahari pagi, yang kita tahu mengandung vitamin D, yang bermanfaat bagi kesehatan tulang dan sistem kekebalan tubuh kita. Vitamin D yang berasal dari sinar matahari dalam tubuh diubah menjadi antibodi yang berguna untuk penangkal racun. Waktu yang tepat untuk mendapatkan matahari di pagi hari adalah sebelum jam 9 pagi.

3. Olahraga pagi mengurangi sakit kepala

Apakah Anda termasuk orang yang sering menderita sakit kepala atau pusing? Jika demikian, tidak ada salahnya untuk terbiasa dengan latihan pagi hari. Karena ternyata olahraga dapat membantu kita menghilangkan timbulnya rasa sakit.

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa sakit kepala atau pusing terjadi ketika Anda tidur terlalu lama. Karena neurotransmitter (sistem saraf) otak terganggu jika kita tidur terlalu lama. Selain itu, ada peningkatan serotonin, yang dapat menyebabkan pusing pada kepala. Dengan olahraga pagi hari Anda dapat mengatur intensitas tidur Anda. Jika Anda cukup tidur dan kurang tidur, bantu kami menghindari sakit kepala.

4. Mencegah penyakit Alzheimer

Sebuah studi penelitian di University of South Carolina menemukan bahwa olahraga treadmill dan jogging pagi hari dapat meningkatkan kinerja otak dan membuat otot lebih tahan terhadap kelelahan, sehingga terhindar dari penyakit Alzheimer.

5. Olahraga pagi menyehatkan hati

Aktivitas fisik dapat mengganggu aktivitas jantung. Dengan meningkatnya hormon adrenal selama latihan pagi hari, jantung dapat berdetak lebih cepat, itu baik untuk menjaga fungsi jantung.

Namun, jika Anda salah satu dari mereka yang menderita penyakit jantung, Anda harus mendiskusikannya dengan dokter Anda tentang olahraga pagi, karena penelitian ini juga menunjukkan bahwa aktivitas detak jantung dapat menyebabkan nyeri dada.

6. Olahraga pagi memperlambat penuaan

Latihan ini meningkatkan metabolisme tubuh Anda. Pertumbuhan sel baru lebih cepat dan sel lama mati dengan gerakan yang kita lakukan selama pelatihan. Karena itu, para ahli percaya bahwa pelatihan membantu kita mengganti sel lama kita dan segera menggantinya dengan sel baru.

7. Hindari risiko obesitas

Manfaat olahraga secara umum pastinya adalah pencegahan obesitas. Ada penelitian yang dilakukan pada 2012 untuk mengukur kondisi tubuh pasca-latihan wanita di pagi hari. Penelitian ini melibatkan 35 sampel dengan 17 sampel tubuh ideal dan 18 sampel obesitas.

Setelah itu, mereka diminta berjalan cepat sekitar 45 menit. Ketika Anda selesai, ternyata mereka yang berolahraga tidak merasa nyaman menunjukkan gambar makanan yang menggoda dibandingkan dengan mereka yang tidak berolahraga.

Studi lain oleh Lara Carlson, PhD, di American College of Sports Medicine, menemukan bahwa tubuh mengeluarkan hormon endorphin selama latihan pagi hari, yang dapat mengurangi nafsu makan.

8. Bersemangat sepanjang hari

Menghabiskan hari-hari Anda dengan antusiasme sangat menyenangkan, bukan? Olahraga pagi melepaskan hormon yang membuat kita bahagia, seperti endorfin, yang dapat meningkatkan suasana hati dan energi kita. Kondisi ini dapat berlangsung dari pagi hingga malam saat kita sedang bepergian.

9. Hindari stres

Minimnya olahraga tidak membuat kita ingin bergerak. Di tempat kerja, Anda merasa sedikit lelah dan hubungan sosial Anda terganggu. Menurut analisis ahli, latihan ini dapat meningkatkan kenyamanan kita dalam berkomunikasi dengan keluarga, teman, dan pasangan, mencegah orang dari stres.

10. Membantu membentuk tubuh yang ideal

Berdasarkan penelitian oleh Lara Carlson, PhD, di American College of Sports Medicine, ditemukan bahwa olahraga pagi sangat baik ketika melatih untuk membentuk tubuh atau meningkatkan kesehatan tubuh. Aktivitas fisik pagi hari dapat menyebabkan tubuh kita melepaskan endorfin, yang memungkinkan kita untuk memilih makanan yang lebih sehat. Karena itu, sangat membantu kita untuk mengikuti program diet.

11. Baik untuk penderita diabetes

Para peneliti telah menemukan bahwa olahraga pagi dapat menurunkan kadar gula darah, karena para ahli percaya bahwa olahraga pagi bermanfaat bagi penderita diabetes.

12. Meningkatkan kualitas tidur

Studi lain, yang dilakukan oleh Lara Carlson, PhD, American College of Sports Medicine, menemukan bahwa mereka yang berlatih di pagi hari memiliki tekanan darah rendah dan akan tidur nyenyak.

Menurut pakar kebugaran dan ahli diet Royal Kansas City Mitzi Dulan, RD, CSSD juga mengatakan bahwa ada keuntungan lain untuk membiasakan diri berlatih pagi. Dia menunjukkan dalam sebuah penelitian bahwa orang berlatih secara teratur di pagi hari sebelum bekerja, dan akan tidur lebih baik sepanjang malam.

Baca Lainnya:

Pengertian Kata Sapaan dan Contoh Kalimat

Cara Setting Anonytun dan Mendapatkan Bug Host Telkomsel