Tips Mengurangi resiko penyakit jantung

Banyak kondisi, termasuk hipertensi, hiperkolesterolemia, atrial fibrilasi atau diabetes, meningkatkan kemungkinan serangan jantung atau stroke. Bertindak sekarang untuk mengurangi risiko Anda.

Tips Mengurangi resiko penyakit jantung


1. Olahraga ringan setiap hari

Latihan ini mengurangi risiko serangan jantung hingga 30-50%. Latihan aerobik hingga 30 menit selama setidaknya 5 hari seminggu. Dalam 2 hari lainnya, berlatih kekuatan. Jika Anda merasa lelah, bagilah menjadi beberapa bagian dan manfaatkan sebagian besar waktu Anda. Cobalah berjalan selama 15 menit di pagi hari dan yang lainnya sebelum makan siang.
2. Turunkan berat badan dengan tujuan yang masuk akal

Jika Anda kelebihan berat badan atau obesitas, Anda tidak boleh kurus untuk mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. Kehilangan hanya 5-10% dari berat badan dapat meningkatkan kolesterol dan mengurangi tekanan darah dan kadar gula darah.
3. Minum obat jantung

Sebuah penelitian menemukan bahwa 130.000 orang Amerika meninggal setiap tahun karena tidak minum obat jantung menurut pendapat dokter. Cari tahu apa yang mencegah Anda minum obat – seperti efek samping, harga, atau sering lupa – dan meminta bantuan dari dokter.
4. Makan dengan baik

Cobalah untuk mengikuti diet sehat dan Anda dapat mengurangi risiko penyakit jantung hingga 25%. Isi piring Anda dengan berbagai buah-buahan, sayuran, biji-bijian, ikan, dan daging tanpa lemak.
5. Jangan minum terlalu banyak alkohol

Jika Anda seorang peminum, kabar baiknya adalah alkohol dapat membantu kerja jantung Anda. Namun, alkohol dalam jumlah berlebihan meningkatkan risiko hipertensi, serangan jantung, stroke, dan gejala fibrilasi atrium. Untuk mendapatkan manfaat tanpa risiko, batasi alkohol hanya satu gelas untuk wanita dan dua gelas untuk pria.
6. Makan cokelat

Studi menunjukkan bahwa orang yang makan cokelat lebih dari sekali seminggu mengurangi risiko penyakit jantung hingga hampir 40%, diabetes sekitar 30% dan stroke sekitar 30%. Sampai peneliti menentukan jumlah cokelat yang mengurangi risiko, pertahankan porsi kecil makanan Anda sehingga berat badan Anda tidak bertambah dan kerja jantung memburuk.
7. Jangan merokok

Merokok secara dramatis meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. Anda bahkan mungkin tidak menjadi perokok pasif. Setiap tahun, sekitar 46.000 orang meninggal karena penyakit jantung yang disebabkan oleh paparan asap rokok.
8. Pergi ke dokter gigi

Membersihkan gigi setiap 6 bulan dapat mengurangi risiko serangan jantung hingga 24% dan stroke hingga 13%. Dokter gigi juga dapat menemukan tanda-tanda penyakit jantung – seperti gusi yang bengkak atau kehilangan gigi – sebelum Anda atau dokter menemukan gejalanya, sehingga Anda mendapatkan perawatan yang lebih cepat.
9. Perhatikan gejalanya dan beri tahu dokter Anda

Jangan hanya berharap gejala Anda hilang. Kunjungi dokter untuk menemukan gejala yang tidak biasa – seperti sesak napas, perubahan irama jantung atau kelelahan. Dokter dapat melakukan banyak hal untuk mengobati masalah jantung – begitu Anda meminta bantuan.

Baca juga :